3 minggu yg lalu

2 Alasan Kejagung Masih jadi Lembaga Hukum Paling Dipercaya Publik Versi Indikator

Jakarta - Salah satu temuan terbaru survei Indikator Politik Indonesia terkait trust atau kepercayaan terhadap institusi atau lembaga. Untuk lembaga penegak hukum, Kejaksaan Agung atau Kejagung masih jadi yang tertinggi.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan dari hasil jajak pendapat terbaru pihaknya menempatkan Kejagung sebagai lembaga hukum paling dipercaya publik. Menurut dia, untuk public trust, Kejagung paling tinggi dibandingkan lembaga hukum lain.

Dari data Indikator, Kejagung meraup sangat percaya 11,7 persen dan cukup percaya 63 persen. Jika ditotalkan, Kejagung mendapat angka 74,7 persen. Angka yang diraih Kejagung itu mengalahkan Mahkamah Konstitusi (MK), pengadilan, Polri, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kejaksaan menjadi lembaga hukum paling dipercaya publik,” kata Prof Burhan, dalam paparan survei, Minggu, 21 April 2024

.Mengutip data Indikator, di bawah Kejagung ada MK dengan 72,5 persen. Lalu, berikutnya pengadilan 71,1 persen, Polri 70,6 persen, dan KPK 62,1...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang