2 minggu yg lalu

3 Alasan Israel Takut Diserang Iran Secara Masif

ISRAEL - Setelah serangan drone dan rudal milik Iran diluncurkan ke Israel, hingga sekarang Israel masih belum menunjukkan tindakan apa yang selanjutnya akan mereka lakukan untuk menanggapi aksi berani Iran ini.

Walaupun begitu Israel telah bersumpah akan membalas Iran dan hal ini dapat beresiko pada peningkatan situasi konflik di Timur Tengah (Timteng). Amerika Serikat (AS) sebagai sekutu terdekat Israel juga telah memohon mohon agar Israel menahan diri dan tidak melawan balik Iran.

Berikut tiga alasan Israel takut diserang Iran dilansir berbagai sumber:

1. Ancaman Terhadap Pasar Minyak

Serangan Iran terhadap Israel dengan melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap Israel membuka peluang bagi Israel untuk melakukan serangan balik. Apa yang menjadi tindakan Israel sebagai bentuk respon terhadap serangan Iran inilah yang patut untuk dikhawatirkan.

Jika memang Israel memutuskan untuk melakukan aksi pembalasan, tentu secara tidak langsung berpengaruh pada aktivitas perdagangan minyak dunia. Melansir dari Center on Global Energy Policy, bagaimana situasi pasar minyak sekarang ini akan bergantung pada tingkat eskalasi atau de-eskalasi antara Israel dan Iran.

Mengutip Atlantic Council, paling minimal dampaknya terhadap perdagangan minyak adalah kemungkinan meningkatnya biaya pengiriman karena meningkatnya resiko aksi militer di Teluk Persia. Kemudian juga terdapat tekanan pada perusahaan asuransi AS dan Eropa untuk menghindari transaksi apapun yang melibatkan minyak mentah Iran serta pengalihan rute tambahan pengiriman minyak dan gas sebagai respons terhadap ancaman Houthi atau respons se...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang