2 bulan yg lalu

4 Jenis Ikan Ini Ternyata Tidak Bernafas dengan Insang, tapi Paru-Paru

https: img.okezone.com content 2024 02 15 56 2970601 4-jenis-ikan-ini-ternyata-tidak-bernafas-dengan-insang-tapi-paru-paru-VjvgSTlsvv.jpg Ikan Cupang.

JAKARTA Ikan, baik yang hidup di air tawar maupun air asing pada umumnya bernafas dengan menggunakan insang, namun ternyata ada beberapa ikan yang bernafas dengan paru-paru. Ini adalah sesuatu yang unik karena paru-paru adalah organ tubuh yang umum digunakan dalam pernafasan manusia dan mamalia.

Jenis ikan yang bernafas menggunakan paru-paru memang tidak banyak. Tetapi di antara jenis-jenis ikan tersebut ada juga yang kerap kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, bahkan ada yang mungkin pernah kita jadikan peliharaan atau konsumsi.

Lantas apa saja ikan yang bernafas menggunakan paru-paru? Berikut ini adalah daftarnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber:

1. Lungfish

Lungfish adalah spesies air tawar yang dapat bernapas menggunakan paru-parunya. Ada enam spesies lungfish yang diketahui hidup di Afrika, Australia, dan Amerika Selatan. Lungfish memiliki sistem pernapasan yang unik.

Ikan ini memiliki paru-paru yang terhubung langsung ke laring dan faring tanpa trakea terpisah. Sebagian besar ikan menyerap oksigen terlarut dari air menggunakan kantong gas yang dimodifikasi dan divaskularisasi.

Lungfish memiliki paru-paru yang terbagi menjadi kantung udara kecil. Ini memaksimalkan kemampuan mereka untuk mengambil oksigen dari atmosfer. Spesies Lungfish biasanya memiliki dua paru-paru, kecuali Australian lungfish.

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang