3 minggu yg lalu

5 Fakta Unik Tentang Planet Saturnus yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Saturnus merupakan planet yang dikenal dengan keberadaan cincin disekelilingnya. Planet keenam dari matahari ini termasuk planet yang berukuran besar.

Dikutip dari laman NASA pada Rabu (17/04/2024), Saturnus disebut "The Jewel of the Solar System" atau Permata Tata Surya. Selama ratusan tahun, planet ini menjadi objek pengamatan para ahli.

Keunikan planet ini juga menyimpan banyak misteri yang masih diteliti para astronom. Berikut 5 fakta unik tentang planet Saturnus yang jarang diketahui.

1. Durasi Revolusi yang Lama

Bagi Saturnus, satu putaran mengelilingi matahari memakan waktu 29,4 tahun bumi. Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa Saturnus membutuhkan waktu yang begitu lama untuk menyelesaikan satu orbit mengelilingi matahari.

Pertama, beberapa orang menunjukkan bahwa Saturnus berjarak 10 kali lebih jauh dari matahari dibandingkan dengan bumi. Ia bergerak melalui ruang angkasa dengan kecepatan yang jauh lebih lambat.

Para ahli percaya bahwa ini adalah alasan mengapa Saturnus bergerak lebih lambat dan harus menempuh jarak yang sangat jauh untuk menyelesaikan satu putaran orbit. Ada juga pendapat bahwa cincin-cincin Saturnus menciptakan medan magnet yang kuat, sehingga memberikan pengaruh seperti gaya tipe bipolar pada planet ini.

Jarak astronomis yang harus ditempuh Saturnus untuk mengorbit matahari adalah 1,4 miliar mil.

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang