4 minggu yg lalu

6 Fakta Menarik tentang Supernova, Ledakan Super Masif Bintang yang Hampir Mati

Liputan6.com, Jakarta - Supernova adalah ledakan super masif disebabkan oleh bintang yang hampir mati. Fenomena ini adalah ledakan paling kuat yang pernah diketahui para ilmuwan.

Momen setelah kematian bintang sendiri merupakan salah satu hal yang sangat menarik bagi para astronom di dunia. Bahkan, untuk mempelajarinya astronom di Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menggunakan misi NuSTAR (Nuclear Spectroscopic Telescope Array) untuk mengungkap rahasia alam semesta tersebut.

Melalui misi NuSTAR para astronom mengamati supernova dan nebula muda untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah ledakan dari bintang yang hampir mati ini. Dikutip dari laman Space pada Rabu (17/04/2024) berikut fakta supernova yang menarik.

1. Akhir dari Kehidupan Bintang

Ledakan supernova merupakan tanda dari akhir kehidupan yang dimiliki oleh bintang. Hal ini karena memang setiap bintang memiliki umurnya yang berbeda-beda, sehingga bintang tersebut dapat meledak dan kehilangan dayanya secara signifikan.

Ketika tekanan turun cukup rendah di sebuah bintang masif, maka gravitasi pun tiba-tiba mengambil alih dan bintang tersebut runtuh hanya dalam hitungan detik saja. Keruntuhan dari bintang ini akan menghasilkan ledakan yang disebut dengan supernova.

Ledakan supernova ini sangat kuat hingga menghasilkan inti atom baru.

2. Ledakan Supernova Setara 1028 Megaton

Ledakan supernova mungkin memang menjadi hal yang luar biasa untuk diamati. Namun nyatanya ledakan supernova ini bisa mendatangkan masalah yang cukup serius.

Ledakan supernova ini me...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang