4 minggu yg lalu

7 Rahasia Panjang Umur Hingga 100 Tahun Warga 'Blue Zone', Nggak Sulit Kok

Jakarta -

Hidup sehat dan berumur panjang bukan sekadar angan-angan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan 'Blue Zone'. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang hidup hingga lebih dari 100 tahun. Apa rahasianya?

Blue Zone atau Zona Biru adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan wilayah di dunia di mana penduduknya memiliki harapan hidup yang tinggi. Adapun wilayah tersebut antara lain Okinawa di Jepang, Ikaria di Yunani, Sardinia di Italia, Nicoya di Kosta Rika, Loma Linda di California, dan Singapura.

Selama bertahun-tahun, para ahli melakukan sejumlah penelitian untuk mencari tahu rahasia panjang umur masyarakat Zona Biru. Salah satu yang paling terkenal adalah Dan Buettner, yang menghabiskan 20 tahun tinggal bersama para penduduk Zona Biru dan mempelajari rahasia mereka.

Lalu, seperti apa temuan Buettner? Dikutip dari Men's Health, berikut rahasia panjang umur yang setiap hari dilakukan oleh penduduk Zona Biru.

1. Bergerak secara alami

Bagi orang-orang yang tinggal di Zona Biru, beraktivitas fisik sudah menjadi bagian rutinitas sehari. Mereka tidak menghabiskan waktu berjam-jam di gym demi kesehatan, melainkan lebih banyak berjalan kaki atau bekerja di ladang, sehingga tubuh mereka terus bergerak sepanjang hari.

Dengan melakukan gerakan intensitas rendah tersebut secara terus menerus, tubuh mereka membakar lebih banyak kalori. Karena itu orang-orang di Zona Biru cenderung lebih sehat dan bugar dibanding penduduk di kawasan lain.

2. Memiliki tujuan hidup

Percaya atau tidak, memiliki tujuan hidup yang jelas sangat berpengaruh terhadap umur panjang. Dengan memiliki tujuan hidup, orang-orang di Zona Biru senantiasa memiliki motivasi yang mendorong mereka untuk bangun pagi setiap haru dan melakukan yang terbaik.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahw...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang