2 minggu yg lalu

APSMC 2024 jadi momentum tingkatkan kualitas layanan telekomunikasi

Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan Konferensi Manajemen Spektrum Asia Pasifik ke-10 (10th Asia Pacific Spectrum Management Conference/APSMC) 2024 menjadi momentum untuk meningkatkan pengelolaan spektrum frekuensi radio di kawasan Asia Pasifik.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi di Indonesia melalui manajemen spektrum frekuensi yang lebih baik.

"Buat kita yang penting itu adalah bagaimana spektrum frekuensi ini bisa men-support untuk peningkatan kualitas layanan karena kita tahu negara kita sudah agak sedikit tertinggal kualitas layanannya dibandingkan negara lain di dunia bahkan di Asia Tenggara," kata Ismail dalam rilis pers, Selasa.

Ismail mengungkapkan spektrum frekuensi radio merupakan sumber daya penting bagi operator seluler untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan.

Oleh karena itu, dia menilai perlu ketersediaan spektrum frekuensi yang memadai untuk penyelenggaraan mobile broadband. 

"Kita mengusung tema itu untuk didiskusikan agar ada spektrum-spektrum baru yang dipersiapkan untuk mobile broadband ini," ujarnya. 

Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo Denny Setiawan berharap melalui konferensi ini, Indonesia bisa belajar tentang berbagai teknologi telekomunikasi baru dan bagaimana cara meregulasinya.

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang