3 minggu yg lalu

Bank UMKM Jatim catat kinerja positif sepanjang tahun 2023

Tahun 2024, Bank UMKM Jatim menargetkan penyaluran kredit tumbuh 8 persen, tabungan (DPK) tumbuh 7 persen lebih dan laba naik sekitar 6 persen

Surabaya (ANTARA) - PT Bank Perkreditan Rakyat Jawa Timur (Bank UMKM Jatim) mencatat kinerja positif sepanjang tahun 2023 di tengah tantangan ekonomi nasional dan global yang diwarnai berbagai gejolak.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank UMKM Jatim Irwan Eka Wijaya Arsyad di Surabaya, Selasa, mengatakan kinerja positif itu ditunjukkan dengan meningkatnya aset perusahaan sekitar 7,62 persen pada 2023 menjadi Rp3,32 triliun dan menempatkan Bank UMKM Jatim sebagai kontributor terbesar (15 persen) dari total aset industri BPR di Jatim.

"Pencapaian ini diraih di tengah tantangan ekonomi 2023 yang diwarnai berbagai gejolak, seperti lonjakan harga minyak dunia, inflasi, perang yang berkepanjangan di sejumlah kawasan, dan ekonomi nasional menjelang pemilihan umum sehingga banyak investor bersikap wait and see," kata Irwan dalam keterangannya mengenai hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2023 dan RUPS Luar Biasa Bank UMKM Jatim.

Kinerja positif lainnya yang dicatatkan lembaga perbankan milik Pemprov Jatim itu adalah meningkatnya modal perusahaan sebesar Rp420,63 miliar, kenaikan dana pihak ketiga yang mencapai Rp2,71 triliun atau naik 11,26 persen dari tahun 2022 dan menyumbang 18 persen dari total dana pihak ketiga industri BPR di Jatim.

Selain itu, lanjut Irwan, kredit yang diberikan mencatatkan kenaikan 10,34 persen menjadi Rp2,61 triliun dan pertumbuhan Bank UMKM Jatim melampaui pertumbuhan ekonomi Jatim tahun 2023 yang sebesar 4,69 persen.

"Ini mencerminkan kesiapan Bank UMKM Jatim dalam menyambut tahun 2024 dengan penuh optimisme, mengingat peluang terbuka bisnis di level regional Jatim. Apalagi Jatim selama ini dikenal dengan kekuatan ekonomi yang besar dan bervariasi. Besaran PDRB Jatim adalah terbesar kedua secara nasional setelah DKI Jaka...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang