2 minggu yg lalu

Batas Waktu Puasa Syawal 2024

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Setelah merayakan hari raya Idul Fitri dengan menjalin silaturahmi dengan keluarga, teman, dan orang terdekat, terdapat ibadah puasa yang dapat dilakukan oleh seorang muslim, yaitu puasa Syawal. Puasa Syawal dimulai sehari setelah hari raya Idul Fitri, berikut tanggal berakhirnya puasa Syawal berdasarkan kalender masehi.

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dilakukan selama enam hari. Pada tahun ini, puasa Syawal dapat dilaksanakan mulai tanggal 11 April 2024 yang bertepatan dengan masuknya bulan Syawal tahun 1445 Hijriah. Puasa Syawal merupakan suatu pembuktian ketakwaan seseorang. 

Dalam artian, puasa sunnah tersebut merupakan momen untuk membuktikan bahwa umat muslim dapat mempertahankan, bahkan dapat meningkatkan keimanannya tidak hanya beribadah saat bulan Ramadhan saja. Selain itu, puasa Syawal juga memiliki keutamaan, yaitu jika seseorang melaksanakan puasa Syawal, maka ia akan mendapatkan pahala puasa selama setahun. Dalam Hadits Riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ، ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِرًّا مِنْ شَوَّالٍ، فَكَأَنَّمَا صَامَ الدَّهْرَ

Artinya : Artinya: "Barang siapa berpuasa di bulan Ramadan lalu dilanjutkan de...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang