3 minggu yg lalu

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

NTT – Aktivitas dari Gunung Api Ile Lewotolok yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, NTT, kembali terlihat lagi. Pemantauan dari pos pengamatan, disebutkan kalau erupsi beberapa kali terjadi.

Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan terjadi 16 kali erupsi Gunung Api Ile Lewotolok pada Minggu mulai pukul 12.00 WITA hingga 18.00 WITA.

“Mulai pukul 12. 00 WITA hingga 18. 00 WITA sore ini berdasarkan catatan ada 16 kali letusan yang terjadi di puncak kawah gunung tersebut," kata Petugas Pemantau Gunung Ile Lewotolok Stanis Ara Kian dalam laporan dari Lembata, Minggu malam, dikutip dari Antara.

Dari sembilan kali letusan itu, kata dia, kolom abu di kisaran tinggi 200 hingga 400 meter dan warna asap kelabu.

Dia mengatakan bahwa16 kali letusan itu mengakibatkan gemuruh lemah di puncak gunung yang saat ini sudah naik status menjadi Siaga akibat terjadi peningkatan aktivitas vulkanik.

Secara visual juga kata dia saat terjadi erupsi gunung jelas. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 50 hingga 200 meter di atas puncak kawah.

Stanis juga menambahkan bahwa hingga saat ini aktivitas vulkanik gun...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang