2 bulan yg lalu

China Mulai Rancang Kereta yang Mampu Melesat Melebihi Kecepatan Suara

 Beijing Youth Daily)

T-Flight. (Foto: Beijing Youth Daily)

JAKARTA China dikabarkan tengah merancang kereta magnet yang dapat melaju melebihi kecepatan suara. Jika sukses, ini akan menjadi sebuah gebrakan baru dari Negeri Tirai Bambu di industri kereta cepat.  

Dilansir Metro, Minggu (3/3/2024), kereta terbaru China ini diberi nama T-Flight dan mampu melesat dengan kecepatan melebihi 387mph di jalur uji. 

Capaian ini berhasil memecahkan rekor terbaru. Di mana kereta MLX01 Maglev Jepang, yang selama ini menyandang gelar kereta tercepat di dunia, hanya mampu meraih kecepatan tertinggi di angka 361mph.  

Para insinyur China berharap kereta T-Flight akan mencapai kecepatan 1.243mph pada saat nanti dioperasikan, lebih cepat dari kecepatan suara dan dua kali lipat kecepatan pesawat Boeing 737. 

Untuk diketahui, kereta magnet sendiri bekerja dengan menggunakan teknologi levitasi magnetik (maglev) untuk mencapai kecepatan luar biasa. Tidak adanya roda akan membuat kereta meluncur dengan mudah. 

Konsep ini pertama kali diusulkan oleh Robert Goddard, seorang insinyur Amerika Serikat (AS) pada 1910, namun kembali populer setelah miliarder Elon Musk menulis buku putih tentang subjek tersebut pada 2013. 

Kini, T-Flight telah dibangun oleh China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC) dengan harapan dapat digunakan sebagai kereta hyperloop untuk mengangkut orang dari satu tempat ke tempat lain. 

Para insinyur berharap T-Flight dapat melakukan perjalanan dari Wuhan ke Beijing hanya dalam ...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang