1 bulan yg lalu

Daftar Astronot Muslim yang Sukses Meluncur ke Luar Angkasa

 Reuters)

Hazza Al Mansoori astronot dari Uni Emirat Arab. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sejak misi penjelajahan luar angkasa pertama kali diluncurkan, telah ada lebih dari 570 astronot dari 41 negara yang telah mengangkasa. Dari jumlah tersebut 11 orang di antaranya adalah Muslim.  

Kesuksesan para astronot Muslim itu bukan hanya merupakan kebangaan bagi negara asal mereka tetapi juga umat Islam seluruh dunia. Berikut adalah daftar astronot Muslim yang pernah diberangkatkan ke luar angkasa sebagaimana dilansir The Muslim Vibes, Minggu (17/3/2024): 

1. Sheikh Muszaphar Shukor (Malaysia) 

Diurutkan pertama ada Sheikh Muszaphar Shukor yang merupakan astronot asal Malaysia yang menjelajah ke luar angkasa untuk misi sepuluh hari di ISS. Di sana ia melakukan eksperimen yang berkaitan dengan karakteristik dan pertumbuhan sel kanker hati dan leukemia.  

Perjalanannya bertepatan dengan Shahr Ramadhan, yang membuatnya menjadi Muslim pertama yang berpuasa dan merayakan Idul Fitri di luar angkasa. Shukor juga mendemonstrasikan bagaimana dia holat di luar angkasa. 

2. Hazza al-Mansoori (Uni Emirat Arab) 

Selanjutnya ada Hazza al-Mansoori. Dimulai sebagai pilot pesawat tempur untuk Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab, pada bulan September 2019, Al Mansoori diterbangkan ke luar angkasa sebagai astronot dengan penerbangan luar angkasa Soyuz MS-15. 

Ia meluncur dalam perjalanan enam jam ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Hazza menjalankan misi di ISS selam delapan hari. Ada banya...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang