4 hari yg lalu

Di Tengah Maraknya AI, Keterampilan Kerja Ini yang Paling Dicari Perusahaan

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan meningkatnya pemakaian kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan PHK, merekrut karyawan baru menjadi semakin rumit. Di dunia kerja yang berkembang pesat, penelitian baru yang dilakukan ADP (automatic data processing) menanyakan kepada berbagai perusahaan dan perusahaan tentang keterampilan kerja apa yang paling dicari saat merekrut karyawan. Dan, etika kerja yang kuat merupakan keterampilan teratas yang dicari sebagian besar perusahaan saat merekrut karyawan.

Namun, hal ini juga cukup sulit ditemukan, kata banyak pengusaha. Untuk penelitian ini, ADP telah mensurvei lebih dari 1.500 pemilik bisnis, pemimpin, dan manajer perekrutan pada tahun 2024 dan menanyakan prioritas mereka saat merekrut orang.

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa karyawan yang memiliki etos kerja yang kuat serta memiliki soft skill penting lainnya seperti ketepatan waktu, efisiensi, dan manajemen waktu menjadi incaran para perekrut. Sebab mereka juga cenderung bekerja secara sistematis dan bersedia melakukan kerja ekstra. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun keterampilan AI dan teknis sangat dibutuhkan di dunia kerja, soft skill menjadi keterampilan yang paling dicari dalam perekrutan.

Soft skill lainnya yang dibutuhkan di tempat kerja adalah orang-orang yang dapat diandalkan dan mau melakukan pekerjaannya, apa pun yang terjadi. Oleh karena itu, menjadi orang yang menyenangkan dan rajin bekerja adalah sesuatu yang diapresiasi oleh sebagian besar pemberi kerja.

Selain keterampilan tersebut, orang-orang yang memiliki pola pikir positif, mampu memiliki keseimbangan kehidupan kerja, dan mereka yang efisien serta giat sering kali diberi lebih banyak peluang kerja dibandingkan orang lain. Komunikasi yang efektif juga merupakan keahlian penting yang sangat dibutuhkan di tempat kerja-- baik untuk pekerjaan tingkat junior atau peran kepemimpinan.


Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang