1 bulan yg lalu

Dua Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris UNM Ikut Jadi Korban TPPO di Jerman, Rektor PHS: Kita Beri Sanksi 

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kasus Tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus pengiriman mahasiswa magang ke Jerman bikin heboh dunia pendidikan tinggi Indonesia.

Dari informasi yang disampaikan Kemendikbudristek, program ferienjob yang berarti program kerja paruh waktu saat musim libur di Jerman ternyata bukan merupakan bagian program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Memang ferienjob pernah diusulkan masuk MBKM, tetapi ditolak karena kalender akademik di kampus Indonesia sangat berbeda dengan yang berlaku di Jerman.

Untuk wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX, ada beberapa nama perguruan tinggi yang diduga terlibat ferienjob. Di antaranya Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Indonesia Timur (UIT), dan Universitas Terbuka (UT).

Selain itu, ada UKI Paulus, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Atma Jaya.

Rektor UNM Prof Husain Syam membenarkan ada mahasiswanya yang mengikuti program tersebut. Tetapi tidak melalui manajemen universitas. 

Menurut Husain, kedua mahasiswa tersebut mendaftar secara mandiri yang brosur pendaftaran didapat dari Instagram. Kedua mahasiswa tersebut merupakan jurusan bahasa Inggris.

“Yah, jadi ada dua orang dari jurusan bahasa Inggris, itu disampaikan kepada kita (UNM) kita diminta oleh pihak Polda Sulsel. Kita sudah jelaskan bahwa itu tidak ada sama sekali keterlibatan ...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang