3 minggu yg lalu

Faktor Pendorong Peningkatan Desa Perkotaan di Pekalongan dan Sekitarnya

Hai teman, hari ini kita akan membahas sebuah fenomena menarik yang terjadi di wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Kamu tahu nggak kalau daerah ini mengalami peningkatan jumlah desa perkotaan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir? Nah, kita akan mengupas tuntas apa saja faktor-faktor yang mendorong peningkatan tersebut.

Urbanisasi dan Perkembangan Kota Pekalongan Sebagai Magnet

Pertama-tama, kita harus memahami bahwa Kota Pekalongan sendiri mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat sebagai pusat kegiatan ekonomi dan perdagangan di Jawa Tengah. Kota ini menjadi magnet bagi penduduk desa untuk melakukan urbanisasi atau migrasi ke kota dalam mencari peluang ekonomi yang lebih baik.

Nah, kehadiran para urban baru ini tentunya membutuhkan tempat tinggal dan fasilitas penunjang lainnya. Alhasil, desa-desa di pinggiran kota pun ikut berkembang menjadi kawasan perkotaan untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

“Pekalongan memang tumbuh pesat sebagai pusat ekonomi dan perdagangan di Jawa Tengah. Hal ini menarik migrasi penduduk dari desa ke kota yang pada akhirnya mendorong perkembangan desa-desa pinggiran menjadi kawasan perkotaan,” jelas Bapak Sunaryo, kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekalongan.

Kebijakan Pengembangan Wilayah yang Visioner

Selain faktor urbanisasi, ternyata pemerintah Kota Pekalongan juga memiliki peran dalam mendorong perkembangan desa-desa pinggiran menjadi kawasan perkotaan. Dalam Rencana Umum Tata Ruang Kota (RUTRK) Pekalongan, wilayah kota dibagi menjadi beberapa Bagian Wilayah Kota (BWK) yang memiliki pusat kegiatan sesuai dengan skala lingkungannya.

Kebijakan ini secara tidak langsung mendorong perkembangan desa-desa di pinggiran kota menjadi kawasan perkotaan yang terintegrasi dengan pusat kota. Dengan demikian, desa-desa tersebut tidak hanya menjadi daerah pemukiman saja, tetapi juga memiliki fasilitas dan aktivitas ekonomi layaknya kawasan perkotaan.

Tabel berikut menunjukkan pembagian BWK di Kota Pekalongan beserta fungsi dan peruntukannya:

BWKFungsi UtamaPeruntukan
IPusat Pelayanan KotaPerkantoran, Perdagangan, Jasa
IIPer...
Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang