2 minggu yg lalu

Gempa M 6,5 Guncang Garut, Warga Kalibata City Jakarta Selatan Berhamburan

Liputan6.com, Jakarta Gempa Magnitudo 6,5 mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29.47 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, lokasi gempa Garut berada pada koordinat 8.42 LS,107.26 BT, dengan episenter gempa berada di 151 km Barat Daya Kabupaten Garut.

"Kedalaman gempa 10 km," tulis BMKG.

Gempa terasa dan berdampak di banyak tempat, termasuk Jakarta. Salah satunya di wilayah Kalibata atau tepatnya di kawasan permukiman Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan. Hal itu terlihat dari ratusan orang yang berhamburan keluar gedung.

"Gempa, gempa!" seru warga sambil memeriksa unit per unitnya.

Mereka pun langsung ke tangga darurat untuk menuju lantai dasar. Namun pantauan di lokasi, ada juga sebagian dari warga yang memilih menggunakan lift.

"Turun, turun, gempa," sambil menuju lantai dasar.

Pantauan di lokasi, di lantai dasar sudah ramai warga lain yang berkumpul. Mereka memastikan keamanan keluarganya satu sama lain dengan berada di area atap terbuka.

Sebagai informasi, BMKG menyebutkan, gempa tidak berpotensi tsunami.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa Garut ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,2. Episenter gempa terupdate terletak pada koordinat 8,39° LS ; 107,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 156 Km arah Barat Daya Kab. Garut, Jawa Barat pada kedalaman 70 km. 

Daryono mengatakan, ...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang