3 bulan yg lalu

Ilmuwan Berhasil Kembangkan Alat yang Bisa Buat Otak Tetap Hidup di Luar Kepala

https: img.okezone.com content 2024 02 04 56 2965391 ilmuwan-berhasil-kembangkan-alat-yang-bisa-buat-otak-tetap-hidup-di-luar-kepala-1FEVrse0Hh.jpg Ilustrasi.

JAKARTA – Sebuah mesin yang dikembangkan sekelompok ilmuwan di UT Southwestern Medical Center berhasil menjaga otak tetap hidup meski berada di luar kepala. Keberhasilan ini menjadi sebuah gebrakan baru dalam dunia medis.

Sistem yang baru dikembangkan ini memungkinkan otak diisolasi dari seluruh tubuh menggunakan pompa buatan super canggih yang menjaga suplai darah. Dengan begitu, otak tetap bisa hidup meski berada di luar kepala.

Untuk meniru sirkulasi sebenarnya, perangkat ini dapat secara halus mengubah komposisi darah dan menyesuaikan alirannya berdasarkan berbagai variabel, termasuk tekanan darah, volume, suhu, oksigenasi, dan nutrisi.

Hal ini dimungkinkan melalui algoritma terkomputerisasi yang mengawasi tekanan darah, aliran, denyut nadi, dan faktor lainnya.

Dalam uji coba yang dilakukan, para ilmuwan menggunakan otak babi peternakan domestik (Sus scrofa domesticus). Setelah terhubung ke perangkat, aktivitas otak dipantau menggunakan elektrokortikografi berkelanjutan dan rekaman elektroda kedalaman otak.

Menurut para peneliti, hanya ada sedikit atau tidak ada perubahan dalam aktivitas otak dan pengukuran lainnya hingga lima jam setelah otak diisolasi dari bagian tubuh. Temuan ini menjadi sangat berharga di bidang medis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang