3 minggu yg lalu

Jangan Keseringan, 5 Makanan Ini Bisa Merusak Otak dan Bikin Daya Ingat Menurun

Jakarta -

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting. Namun tanpa disadari, ada berbagai makanan yang dapat merusak otak secara perlahan dengan menurunkan daya ingat.

Asupan makanan menjadi faktor utama dalam kinerja tubuh. Apabila tidak diatur, organ tubuh dapat menyerap zat-zat yang tidak bersifat tidak baik.

Ada beberapa makanan yang bisa melemahkan kecerdasan otak apabila terlalu sering dikonsumsi. Bukan berarti Bunda tidak boleh sama sekali mengonsumsinya, ya. Namun, harus ada batasan dalam mengonsumsi makanan tersebut.

Berikut ini 5 jenis makanan yang sebaiknya tidak sering dikonsumsi karena dapat menurunkan kecerdasan otak:

1. Gorengan

Gorengan tak hanya seputar bakwan, pisang goreng, dan tempe mendoan. Semua jenis makanan yang proses memasaknya digoreng, mulai dari ayam goreng, kentang goreng, hingga ikan goreng punya dampak buruk untuk otak.

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutritional Science pada 2016 menemukan bahwa orang yang terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng memiliki skor kognitif buruk.

Hal tersebut mencakup memori, hingga fungsi otak yang terbilang lebih lemah dibandingkan mereka yang menghindari gorengan.

"Para ilmuwan berpendapat ini mungkin berhubungan dengan peradangan dan pengurangan ukuran jaringan otak," kata ahli gizi Kristin Kirkpatrick, dilansir The Healthy.

2. Gula tambahan

Minuman manis dalam kemasan kerap ditemukan di berbagai toko. Minuman ini mencakup berbagai jenis mulai dari kopi, teh, sari buah, hingga berbagai macam minuman boba.

Tak hanya itu, produk minuman bersoda juga memiliki banyak kandungan gula tambahan di dalamnya....

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang