1 bulan yg lalu

Jejak Hutan Tertua Ditemukan, Umurnya 350 Juta Tahun

Jakarta -

Sebuah fosil yang diyakini sebagai fosil hutan tertua di dunia ditemukan. Letaknya di tebing-tebing pesisir pantai Inggris Barat Daya.

Fosil tersebut ditemukan di tebing batu pasir yang tinggi di dekat Minehead, Somerset, yang berjarak hampir empat jam perjalanan dari ibu kota Inggris, London. Para peneliti dari Universitas Cambridge dan Cardiff mengatakan bahwa pohon-pohon tersebut merupakan fosil pohon tertua yang pernah ditemukan di Inggris, dan hutan tertua yang diketahui ada di Bumi.

Pohon-pohon itu, yang dikenal sebagai calamophyton, menyerupai pohon palem. Para peneliti mengidentifikasi fosil-fosil tanaman dan patahan-patahannya, termasuk fosil batang dan rekam jejak akarnya.

Fosil-fosil tersebut menunjukkan bagaimana pohon-pohon purba membantu membentuk lanskap dan menstabilkan tepian sungai serta garis pantai ratusan juta tahun yang lalu.

"Ketika pertama kali melihat foto-foto batang pohon tersebut, saya langsung tahu apa itu, berdasarkan penelitian selama 30 tahun tentang jenis pohon ini di seluruh dunia," kata salah satu penulis, Dr Christopher Berry dari Departemen Ilmu Bumi dan Lingkungan, Universitas Cardiff. seperti dikutip dari BBC.

"Sungguh menakjubkan melihat mereka begitu dekat dengan rumah. Namun, wawasan yang paling membuka mata adalah ketika melihat, untuk pertama kalinya, pohon-pohon ini di posisi di mana mereka tumbuh," dia menambahkan.

Dr Paul Kenrick, seorang ahli fosil tanaman di Natural History Museum, yang tidak terlibat dalam penelitian itu, mengatakan bahwa petunjuk-petunjuk tentang bagaimana tanaman tumbuh secara bersama pada saat itu, sangat signifikan.

Para peneliti mengatakan bahwa fosil hutan tersebut berusia sekitar empat juta tahun, lebih tua dari pemegang rekor sebelumnya di Negara Bagian New York.

Fosil te...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang