2 minggu yg lalu

Kacau! 282 Juta Orang di Dunia Dilanda Kelaparan Parah Tingkat Tinggi

Sejumlah anak antre untuk menerima makanan pada dapur umum pengungsian di Rafah, Selatan Jalur Gaza, Senin (5/2/2024). (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa) Foto: Sejumlah anak antre untuk menerima makanan pada dapur umum pengungsian di Rafah, Selatan Jalur Gaza, Senin (5/2/2024). (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Pangan Dunia atau FAO yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengungkapkan masih banyaknya kelaparan akut di 59 negara atau wilayah, dengan jumlah 1 dari 5 orang di negara itu mengalami kelaparan akibat permasalahan pangan akut.

Berdasarkan laporan mereka bertajuk Global Report on Food Crises 2024, tercatat sebanyak 282 juta orang di 59 negara mengalami tingkat kelaparan akut yang tinggi pada 2023. Jumlah orang kelaparan pada 2023 itu meningkat sebanyak 24 juta orang dari tahun sebelumnya.

Kenaikan ini disebabkan oleh meningkatnya cakupan laporan tentang konteks krisis pangan serta penurunan tajam dalam ketahanan pangan, terutama di Jalur Gaza dan Sudan.

"Krisis ini menuntut tanggapan segera. Menggunakan data dalam laporan ini untuk mengubah sistem pangan dan mengatasi penyebab kerawanan pangan dan kekurangan gizi akan sangat penting," kata António Guterres, Sekretaris Jenderal PBB, di website FAO.org sebagaimana dikutip Sabtu (4/5/2024).

Selama empat tahun berturut-turut, proporsi orang yang menghadapi kerawanan pangan sudah tinggi...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang