2 minggu yg lalu

Kisah Komunitas Penggali Kubur di Banjarnegara, Selalu Siap usai Malaikat Maut Jemput Warga

Liputan6.com, Banjarnegara - Komunitas ini tak biasa, tidak semua orang mau, namun sangat dibutuhkan, utamanya di akhir hayat. Ya, nama komunitas ini Ikatan Penggali Kubur Kaliurip (IPKK), Desa Kaliurip, Kacamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kamis (25/4/2024) malam, mereka kembali berkumpul di serambi Masjid Al Falah Dusun Krajan, untuk membahas program terdekat. Jumlah mereka cukup banyak, lebih dari 50 orang.

Mereka adalah relawan yang tak kenal jam kerja siang maupun malam. Mereka selalu siap seiring kapan saja malaikat pencabut nyawa atau malaikat maut menjemput warga desa.

Mereka berada di bawah koordinasi Dewan Kemakmuran Masjid Al Falah, yang diketuai oleh Sudibyo, mantan Kepala Desa Kaliurip. Menurut Sudibyo, adanya komunitas ini agar memastikan warga yang terkena musibah kematian terbantu dalam proses pemulasaraan hingga pemakamannya.

“Visi IPKK adalah terlaksananya tata Kelola pemulasaraan jenazah secara paripurna, dengan motto melayani umat sampai akhir hayat,” jelas Sudibyo.

Simak Video Pilihan Ini:

Perjuangan Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19 di Banjarnegara

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kebutuhan Ambulans

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang