1 minggu yg lalu

Laporan Ericsson 2024: Jaringan 5G Akan Mencapai 5,6 Miliar Langganan pada 2029

Pada pertengahan tahun 2024, Ericsson merilis laporan bertajuk Ericsson Mobility Report 2024, yang berfokus pada pembahasan bagaimana jaringan 5G yang dinilai dapat menjadi platform pendorong untuk perusahaan-perusahaan dalam berinovasi dan bertransformasi. Tim riset Ericsson menilai tren ini akan terus berkembang dan 5G menjadi teknologi akses seluler yang paling mendominasi di dunia.

Transisi ke 5G dan senjakala jaringan lainnya

Menurut data Ericsson, dari sisi langganan, 5G akan terus berkembang di semua wilayah. Dalam tiga bulan pertama tahun 2024, ada sekitar 160 juta langganan 5G baru secara global, sehingga totalnya, hingga riset Ericsson tersebut diterbitkan, melebihi 1,7 miliar. Selain itu, diperkirakan hampir 600 juta langganan baru akan bertambah sepanjang tahun 2024.

Dengan pertumbuhan tersebut, riset Ericsson juga memprediksi jumlah langganan 5G global akan mencapai hampir 5,6 miliar pada tahun 2029, yang merupakan 60% dari total jumlah langganan seluler pada saat itu.

Karena migrasi ke jaringan yang baru ini, di saat yang bersamaan, jumlah langganan 4G turun 26 juta selama kuartal satu tahun 2024, atau tercatat berjumlah 5,2 miliar hingga riset Ericsson diterbitkan. Angka ini diproyeksikan tidak akan kunjung membaik dan terus menurun menjadi sekitar 3 miliar pada akhir tahun 2029.

Selain 4G, jaringan 2G dan 3G sudah mulai menghilang dari peredaran. Penghentian jaringan 2G dan 3G terjadi di seluruh dunia. Diperkirakan, jaringan 3G akan mengalami penghentian lebih cepat dibanding 2G, dalam beberapa tahun mendatang. Tim riset Ericsson menemukan beberapa penyedia layanan di Eropa tengah menutup jaringan 3G, dengan tujuan untuk membangun kembali spektrum elektromagnetik agar dapat digunakan bersama dengan 4G dan 5G, sembari tetap mempertahankan 2G untuk layanan Internet of Things (IoT) yang telah berjalan.

Sementara, dalam hal pengalaman pengguna, data statistik mengungkapkan bahwa, untuk mencapai waktu untuk mengakses konten konten hingga kurang dari 1,5 detik, 97% terjadi di spektrum 5G mid-band, 67% pada 5G low-band...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang