2 minggu yg lalu

Masih Jomblo? Ini Pesan Ustaz Faizar dalam Mencari Jodoh: Waspada Love Bombing!

Liputan6.com, Jakarta - Istilah love bombing belakangan banyak terdengar sebagai salah satu bentuk manipulasi terhadap orang lain melalui pemberian perhatian, cinta, kasih sayang, maupun hadiah secara berlebihan. Love bombing atau bombardir rasa cinta kerap dimanfaatkan pelaku untuk membuat orang lain bergantung kepadanya, terutama dalam hubungan percintaan.

Ustaz Muhammad Faizar dalam kajian di Masjid Peta Hidup, Sokaraja, Banyumas pun mengangkat tema Love Bombing sebagai bentuk kewaspadaan bagi setiap orang dalam mencari pasangan. Ustaz yang dikenal sebagai perukiah syar'iyyah ini menyebutkan sejumlah ciri perilaku love bombing justru kerap mengarah pada narcissistic personality disorder (NPD).

Menurutnya, love bombing bukan sekadar budak cinta atau kerap disebut bucin. Selain itu, dia menekankan mengenal praktik love bombing tidak hanya berlaku bagi muda-mudi yang tengah mencari jodoh tetapi juga pasangan 'senior' yang sudah membina rumah tangga dalam kurun waktu lama.

Ustaz Faizar mengatakan praktik love bombing kerap dilakukan seorang NPD untuk 'mengikat' pasangannya. Biasanya, di awal hubungan seorang NPD akan memberikan perhatian, cinta, kasih sayang, bahkan hadiah dengan sangat berlebihan dan tidak normal. Lambat laun pelaku NPD akan menuntut pasangannya membalas perlakuan tersebut dan pada akhirnya mengekang pasangan secara emosional.

"Seorang NPD selalu butuh validasi dan penghargaan dari orang lain. Karena itu dia cari penghargaan berlebih termasuk dari pasangan dengan love bombing," ungkapnya saat kajian yang berlangsung Kamis, 25 April 2024.

Untuk i...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang