1 bulan yg lalu

Mengapa Yotam Bugiangge Membelot dari TNI dan Kini Jadi Pentolan KKB Papua?

JAKARTA - Mengapa Yotam Bugiangge membelot dari TNI dan kini jadi pentolan KKB Papua? Pasalnya, namanya menjadi viral di media sosial usai dipecat secara tidak hormat dari TNI lantaran terlibat dalam organisasi kriminal tersebut.

Mantan anggota Kompi-C Yonif 756/WMS itu telah menghilang sejak tanggal 17 Desember 2021 silam.Yotam Bugiangge saat itu kabur sembari membawa satu pucuk senjata SS-2 V1 milik TNI saat melaksanakan tugas jaga di kompi.

Lantas mengapa Yotam Bugiangge membelot dari TNI dan kini jadi pentolan KKB Papua? Ternyata ada beberagai faktor yang menyebabkan membelot menjadi anggota teroris. Salah satunya adalah penjualan senjata, ternyata warga daerah tersebut atau faktor perbedaan ideologi atau politik, faktor ekonomi, ketidakpuasan terhadap kondisi pekerjaan sebagai anggota TNI, faktor sosial, dan identitas lokal.

Anggota TNI yang pertama kali bergabung dengan KKB adalah prajurit Kostrad bernama Seth Jafeth Rumkorem.

Pangkat terakhir yang sempat diemban oleh Yotam Bugiangge di TNI AD sebelum memutuskan untuk menjadi petinggi KKB Papua tersebut adalah prajurit dua (Prada) yang berasal dari Batalyon Infanteri 756/Wimane Sili (Yonif 756/WMS).

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang