3 minggu yg lalu

Mengenal Throttle Body Pada Mobil dan Motor, Apa Fungsinya?

Uzone.id - Saat ini, motor dan mobil keluaran terbaru banyak yang menggunakan teknologi injeksi. Teknologi ini menggantikan karburator, karena injeksi dianggap lebih mudah dirawat dan memiliki pembakaran yang jauh lebih baik.

Sistem injeksi sendiri memiliki komponen utama yang disebut sebagai throttle body. Lantas kira-kira apa itu throttle body dan apa fungsinya?

Melansir situs resmi Suzuki Indonesia, throttle body merupakan komponen yang mengatur jumlah udara masuk ketika pengendara memutar tuas gas motor atau menginjak pedal gas pada mobil.

Tuas gas pada motor dan pedal gas pada mobil akan mengatur bukaan throttle valve. Saat throttle valve terbuka, maka udara akan masuk ke dalam throttle body untuk disalurkan ke dalam ruang bakar mesin.

alt-img

Throttle body sendiri memiliki fungsi utama untuk mengatur udara sebelum dialirkan ke intake manifold untuk kemudian masuk ke dalam ruang bakar mesin. Sehingga ketika pengendara membuka gas, maka udara akan melewati komponen throttle body.

Semakin banyak gas yang dibuka, maka semakin banyak juga udara yang masuk ke ruang bakar. Udara yang banyak masuk ke ruang bakar membuat mesin menghasilkan tenaga yang besar.

Begitu juga sebaliknya, jika bukaan gas sedikit maka udara yang masuk pun semakin sedikit. Jika udara yang masuk sedikit, maka tenaga yang dihasilkan pun tidak besar.

Biasanya throttle body terhubung dengan intake manifold yang memiliki saluran ke ruang bakar mesin. Dalam intake manifold terdapat injektor yang berfungsi untuk menyemprotkan bensin ke ruang bakar mesin.

Sebelum masuk ke dalam mesin, udara yang dimasukan oleh throttle body akan tercampur terlebih dahulu dengan bensin dari injektor. Setelah keduanya tercampur dan masuk...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang