4 hari yg lalu

Nasib Saham Astra (ASII) saat Penjualan Segmen Otomotif Merosot

PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan kinerja kurang memuaskan di sepanjang kuartal I-2024, mulai dari penjualan hingga saham.

 Astra)

Nasib Saham Astra (ASII) saat Penjualan Segmen Otomotif Merosot. (Foto: Astra)

IDXChannel - PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan kinerja kurang memuaskan di sepanjang kuartal I-2024, mulai dari penjualan hingga saham.

Situasi makroekonomi yang menantang menjadi hambatan serius bagi emiten konglomerasi otomotif terbesar di Indonesia ini untuk mempertahankan kinerja positif.

Sepanjang kuartal I-2024 saja, Astra mengantongi laba bersih sebesar Rp7,46 triliun, turun dari 14,39 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp8,71 triliun.

Sementara itu, pendapatan perseroan susut 2,13 persen menjadi Rp81,2 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp82,98 triliun.

Penurunan kinerja perseroan sepanjang kuartal pertama tahun 2024 ini disebabkan oleh penurunan kinerja bisnis alat berat, pertambangan dan otomotif grup ASII.

“Kinerja grup pada kuartal pertama tahun 2024 menurun, terutama merefleksikan kondisi ekonomi yang melemah dan penurunan harga batu bara dari tingkat harga yang tinggi sebelumnya,” kata Presiden Direktur ASII, Djony Bunarto Tjondro dalam keterangan resminya, 29 April 2024.

Sebagai informasi, laba bersih perseroan tidak termasuk penyesuaian nilai wajar atas investasi di GoTo dan Hermina tercatat sebesar Rp8,1 triliun, atau 5 perse...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang