2 bulan yg lalu

Peneliti Berhasil Tumbuhkan Testis Buatan di Laboratorium, Berpotensi Mampu Produksi Sperma

https: img.okezone.com content 2024 02 21 56 2973258 peneliti-berhasil-tumbuhkan-testis-buatan-di-laboratorium-berpotensi-mampu-produksi-sperma-Q15Ksc4O8B.jpg Ilustrasi.

JAKARTA – Untuk pertama kalinya, peneliti berhasil menumbuhkan sepasang testis di laboratorium dengan menggunakan sel dari binatang. Dibuat dari sel testis belum matang yang diambil dari tikus yang baru lahir, testis yang dikulturisasi itu dengan cepat mengembangkan struktur yang mirip dengan yang terlihat pada penis alami dan bahkan mungkin mampu memproduksi sperma.

Seperti jenis organ lain yang dikembangkan di laboratorium – biasanya disebut sebagai organoid – testis mini itu diciptakan untuk memungkinkan para peneliti mendapatkan wawasan baru tentang perkembangan organ dan penyakit. Hingga saat ini, para ilmuwan belum memiliki sistem in vitro untuk memodelkan testis, dan oleh karena itu tim di balik produksi buah zakar ini berharap dapat meningkatkan pemahaman kita tentang fungsi seksual pria.

“Testis buatan adalah model yang menjanjikan untuk penelitian dasar mengenai perkembangan dan fungsi testis, yang dapat diterjemahkan ke dalam aplikasi terapeutik untuk gangguan perkembangan seksual dan infertilitas,” jelas penulis studi Dr Nitzan Gonen dalam sebuah pernyataan yang dilansir IFLScience.

Untuk membuat buah zakar yang dikembangkan di laboratorium – yang pada dasarnya adalah kumpulan kecil sel yang mensimulasikan proses di testis sebenarnya – para peneliti menempatkan sel testis tikus primer ke dalam media pertumbuhan yang diformulasikan khusus. Dalam waktu dua hari, organ mini tersebut mengembangkan struktur tubular dan pola organisasi seluler yang mencerminkan apa yang terlihat pada testis sebenarnya.

Follow Berita Okezone di

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang