3 minggu yg lalu

Peneliti Temukan Bukti Objek Raksasa di Luar Orbit Neptunus, Planet Ke-9 Tata Surya?

 WIkimedia Commons)

Dugaan orbit dari Planet 9 menurut penelitian sebelumnya. (Foto: WIkimedia Commons)

JAKARTA - Sebuah tim peneliti mengatakan mereka telah menemukan "bukti statistik terkuat bahwa Planet 9 benar-benar ada" di Tata Surya. Kesimpulan itu muncul setelah mereka mempelajari populasi objek jauh dan tidak stabil yang melintasi orbit Neptunus. 

Untuk menemukan planet di sekitar bintang lain, para astronom dapat mengamati penurunan cahaya saat planet melewati bintang induknya dan menghalangi cahaya yang mencapai teleskop di Bumi atau di luar angkasa, yang dikenal sebagai “metode transit”. Mereka juga dapat mengamati goyangan sebuah bintang yang disebabkan oleh planet-planet yang mengorbitnya dan dampak yang ditimbulkannya. 

Melalui metode ini, dan beberapa metode lainnya, kita telah menemukan ribuan eksoplanet dalam beberapa dekade terakhir.  

Namun, untuk menemukan planet di sekitar Tata Surya kita adalah pekerjaan yang lebih sulit. Untuk menemukan planet di sekitar Matahari, astronom bergantung pada dua metode: melihatnya di langit, dan mengamati sedikit gangguan pada orbit objek lain.  

Venus, Merkurius, Saturnus, Jupiter, dan Mars semuanya ditemukan melalui penampakan visual. Uranus ditemukan pada 1781 oleh astronom William Herschel setelah dia melihat sebuah benda terang telah bergerak dibandin...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang