2 minggu yg lalu

Polisi Tangkap Dua Warga Kampung Bayam Jelang Buka Puasa, 1 Dibebaskan

Jakarta, CNN Indonesia --

Polres Jakarta Utara menahan dua warga Kampung Bayam jelang waktu berbuka puasa, Selasa (2/4) kemarin.

Dua warga yang dijemput paksa merupakan pasangan suami istri, yakni Ketua Kelompok Tani Kampung Susun Bayam bernama Furqan dan istrinya, Diah. Sebelum tengah malam, Diah dibebaskan tetapi suaminya masih ditahan.

Solidaritas Peduli Kampung Susun Bayam menyebut penangkapan itu tidak sesuai aturan dan tindakan sewenang-wenang. Sebelumnya, warga sudah melakukan pramediasi di Komnas HAM untuk mencari solusi atas konflik yang dialami dengan PT Jakpro dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi terkait dengan adanya perubahan SK penempatan Warga Kampung Susun Bayam.

Berdasarkan SK PT Japkro nomor 110/UT0000/VIII/2022/0428 tertanggal 22 Agustus 2022, penempatan unit masing-masing warga Kampung Bayam telah ditentukan di sebelah Jakarta International Stadium (JIS).

"Berdasarkan SK tersebut, seharusnya warga sudah secara sah diakui sebagai calon penghuni Kampung Susun Bayam. Namun kini warga malah diabaikan dan tidak diizinkan menempati yang seharusnya telah ditetapkan dalam SK," tulis keterangan resmi Solidaritas Peduli Kampung Susun Bayam, Selasa (2/4).

"Kemudian, warga malah dilaporkan melakukan dugaan tindak pidana yaitu penyerobotan, memasuki pekarangan tanpa izin dan perusakan bersama-sama," imbuhnya.

Sebelumnya, warga Kampung Susun Bayam (KSB) atau eks Kampung Bayam, Jakarta Utara, melaporkan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ke Ombudsman, Senin (19/2) lalu. Heru diadukan karena tak merespons ajakan diskusi warga.

Pelapor...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang