3 minggu yg lalu

Resep Ayam Bumbu Hitam Versi Sehat, Tanpa Digoreng Tapi Tetap Lezat

https: img.okezone.com content 2024 04 22 298 2999026 resep-ayam-bumbu-hitam-versi-sehat-tanpa-digoreng-tapi-tetap-lezat-RFHJ6mIjld.jpg Ayam Bumbu Hitam. (Foto: TikTok)

AYAM bumbu Item jadi salah satu kuliner yang populer di Jawa Timur, khususnya Madura. Tak cuma ayam, bahan dasar masakan ini juga bisa diganti dengan bebek lho. 

Biasanya menu masakan ini membutuhkan banyak minyak lantaran ayamnya harus digoreng hingga kering. Hal ini yang membuat sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu enggan untuk mengkonsumsinya.

Tapi tenang saja, ternyata menu ayam bumbu item juga bisa lho dibuat dalam versi yang lebih sehat dan tanpa menggunakan banyak minyak. Yuk intip resep Ayam Bumbu Item yang lebih sehat tapi tetap nikmat saat disantap, seperti dikutip dari akun TikTok @devyanastasia.

Bahan-bahan:

1 ekor ayam dipotong 8 bagian

12 cabai merah keriting

12 bawang merah

5 cabai rawit

10 bawang putih

1 jempol kunyit

1 jempol jahe

1 jempol lengkuas

Sereh, salam daun jeruk secukupnya

4 butir kemiri

1 sdm ketumbar

3 sdm air asam jawa

Air secukupnya

2 sdm olive oil

Cara membuat:

1. Masukan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar, dan lengkuas ke dalam blender. Lalu tambahkan sedikit air dan blender hingga seluruh bumbu halus.

2. ⁠Setelah itu, masak bumbu yang sudah halus ke dalam wajan. Anda bisa masukkan daun jeruk, daun salam, dan sereh ke dalamnya. 

3. &#...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang