2 minggu yg lalu

Serba-serbi Peringatan Hari Puisi Nasional Tanggal 28 April

Jakarta -

Hari Puisi Nasional diperingati setiap tahun untuk memperingati wafatnya Chairil Anwar, salah satu legenda penyair di Indonesia. Peringatan Hari Puisi Nasional jatuh pada tanggal 28 April.

Selain itu, Hari Puisi Nasional juga sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada Chairil Anwar atas perannya dalam perkembangan sastra Indonesia. Berikut serba-serbi Hari Puisi Nasional.

Asal-usul Hari Puisi Nasional

Hari Puisi Nasional 28 April berkaitan dengan sosok Chairil Anwar. Dilansir situs DITSMP Kemdikbud, Hari Puisi Nasional bertepatan dengan hari wafatnya Chairil Anwar, yaitu 28 April 1949.

Chairil Anwar adalah seorang penyair yang telah melahirkan 96 karya, termasuk 70 puisi. Berkat dedikasinya di bidang sastra, Chairil Anwar dinobatkan sebagai pelopor Angkatan 45.

Profil Chairil Anwar

Dikutip dari situs Ensiklopedia Kemdikbud, Chairil Anwar lahir pada 22 Juli 1922 di Medan, Sumatera Utara. Ia dikenal sebagai penyair yang tidak lepas dari puisi Indonesia modern sehingga menjadi pelopor Angkatan 45 dalam Sastra Indonesia.

Orang tua Chairil Anwar berasal dari Payakumbuh. Ayahnya bernama Teoloes bin Haji Manan yang bekerja sebagai ambtenar pada zaman Belanda dan menjadi Bupati Rengat pada zaman Republik tahun 1948. Ibunya bernama Saleha yang dipanggil sebagai Mak Leha.

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang