2 minggu yg lalu

Terbaru! Israel Buka Peluang Gencatan Senjata di Gaza, Ini Syaratnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Israel dikabarkan memiliki inisiatif baru untuk melakukan gencatan senjata dengan kelompok Hamas di Gaza, Palestina. Namun, gencatan senjata tersebut memiliki syarat.

Mengutip Channel 13, adapun syarat gencatan senjata itu berupa tuntutan pembebasan 20 sandera yang ditahan Hamas.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Israel sebelumnya meminta pembebasan 40 sandera yang ditahan Hamas. Namun, usulan ini memicu perdebatan alot.

Media Israel juga menyebut Mesir sebagai salah satu mediator siap mendorong usulan tersebut. Utusan Mesir akan tiba di Israel pada Jumat untuk membahas rinciannya.

Inisiatif baru itu belum diumumkan secara resmi. Hingga kini juga belum ada pernyataan resmi dari Mesir mengenai usulan baru Israel.

Mengutip Reuters, pihak Hamas mengaku pihaknya sudah menerima tanggapan Israel perihal usulan gencatan senjatanya. Hal itu seperti yang dikatakan oleh Wakil Ketua kelompok Hamas, Khalil Al Hayya, di Gaza, Sabtu (27/4/2024).

Dia mengatakan pihaknya telah menerima tanggapan resmi Israel pada hari Sabtu terhadap usulan gencatan senjata terbarunya. Namun, dia mengatakan masih harus mempelajarinya sebelum menyampaikan jawaban.

"Hamas hari ini telah menerima tanggapan resmi dari pendudukan Zionis terhadap proposal yang disampaikan kepada mediator Mesir dan Qatar pada 13 April," ujarnya seperti dilansir Reuters, Sabtu (27/4/2024).

Setelah lebih dari enam bulan konflik Palestina dan Israel, perundingan masih menemui jalan buntu. Adapun Hamas tetap berpegang pada tuntutannya bahwa perjanjian apa pun harus mengakhiri perang.

Selain itu, delegasi Mesir mengunjungi Israel untuk berdiskusi dengan para pejabat Israel pada Jumat lalu untuk mencari cara memulai kembali perundingan guna mengakhiri konflik.

Hal itu juga dil...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang