1 bulan yg lalu

Tips Sehat Jalankan Puasa Ramadhan bagi Pengidap Asam Urat, Dokter: Hindari Makanan Tinggi Purin

Liputan6.com, Jakarta Orang yang mengidap asam urat perlu memerhatikan beberapa hal sebelum menjalankan puasa Ramadhan.

Sebelum menjalankan puasa, perlu diketahui bahwa kristal asam urat terbentuk karena kandungan purin yang tinggi dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri sendi (gout arthritis) dan apabila dibiarkan akan berlanjut menjadi gagal ginjal.

Purin adalah protein yang memang secara alami dihasilkan oleh tubuh. Namun, purin di dalam tubuh dapat saja meningkat akibat asupan makanan yang tinggi purin.

“Orang yang punya asam urat boleh saja berpuasa, selama memerhatikan jenis makanan yang masuk. Sebab, kadar asam urat dalam darah sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang Anda makan,” kata dokter spesialis penyakit dalam Eka Hospital Permata Hijau Gladys Sudiyanto dalam keterangan pers dikutip Senin, (1/4/2024).

Terlebih, lanjut Gladys, jika kadar asam urat tinggi yang dialami hanya bersifat sementara. Dengan pola makan yang baik dan rendah purin, puasa justru dapat membantu manajemen asam urat tinggi.

Salah satu manfaat puasa bagi pengidap asam urat adalah mampu meredakan peradangan. Namun, pastikan mengonsumsi makanan rendah puri...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang