2 minggu yg lalu

World Water Forum 2024 ke-10, Peluang Besar Bagi Generasi Muda untuk Berperan Aktif

World Water Forum ke-10 pada 2024 ini akan dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Bali yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024. World water forum merupakan forum sektor air Internasional terbesar yang diprakarsai oleh World Water Council yang merupakan organisasi internasional yang mengatasi dan meningkatkan kesadaran isu-isu global yang berkaitan dengan air.

Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara dan ketiga di Asia yang ditunjuk sebagai tuan rumah setelah sebelumnya ada Jepang Korea Selatan. World Water Forum ini tentunya akan dihadiri oleh berbagai macam pihak dari politisi, akademisi, pemimpin negara, perwakilan-perwakilan pemerintah hingga generasi muda.

World Water Forum ke-10 ini mengusung tema “Water for Shared Prosperity” Dalam forum yang besar ini, generasi muda memiliki peluang besar untuk berperan aktif dalam isu-isu sektor air dunia dengan mengemukakan ide, solusi dan juga berkolaborasi.

Pada World Water Forum ke-10 ini, generasi muda turut serta diajak berperan dalam mitigasi dampak bencana akibat perubahan iklim yang akan membantu kuatkan peranan Indonesia menghadapi tantangan dalam perubahan iklim terutama sektor air, serta dampak- dampaknya.

Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara membawa tiga misi untuk berdampak nyata secara positif bagi sektor air global dalam World Water Forum ini, misi-misi tersebut diantaranya yaitu pendirian pusat unggulan ketahanan air dan iklim, pengelolaan air terpadu di pulau-pulau kecil dan penetapan hari danau sedunia atau World Lake Day (WLD) secara resmi.


Peran aktif bagi generasi muda sangatlah penting melihat betapa pentingnya misi atau target yang ingin diwujudkan secara nyata dan mengingat generasi muda ini akan menjadi generasi penerus bangsa yang akan berpengaruh terhadap masa depan alam.

Maka dari itu, diusulkan suatu agenda khusus generasi muda yaitu “Bali Youth Plan” yang...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang