1 bulan yg lalu

Wow! Di Turki Ada Adonan Roti Mentah Tertua Berusia 8.600 Tahun

Jakarta -

Penemuan makanan kuno di Turki baru-baru ini tengah menarik perhatian. Makanan itu berupa roti mentah seukuran telapak tangan, yang diperkirakan usianya 8.600 tahun!

Meskipun zaman sudah berkembang, tetapi para arkeolog atau imuwan tampaknya masih berusaha mencari benda-benda zaman dahulu. Peninggalan arkeologi yang digali di seluruh dunia juga terus menghadirkan kisah menarik.

Penemuan mereka beragam, tidak hanya benda bersejarah tetapi banyak juga makanan bekas tidak terduga.

Pada masa lalu para ilmuwan sempat menemukan remahan roti berusia 14.400 tahun di Yordania. Namun, baru-baru ini, para arkeolog menemukan potongan roti di Istanbul, Turki.

Rotinya seukuran telapak tangan, bentuknya bulat dan masih dalam keadaan seperti adonan atau mentah. Diketahui, roti mentah itu umurnya sudah mencapai 8.600 tahun. Roti ini pun dijuluki sebagai roti tertua di dunia, lapor slurrp.com (12/03).

Penemuan roti ini menimbulkan banyak dugaan sekaligus mendorong para ilmuwan untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknik pembuatan roti yang digunakan masa itu.

Wow! Di Turki Ada Adonan Roti Mentah Tertua Berusia 8.600 Tahun(Gambar hanya ilustrasi) Arkeolog menemukan roti fermentasi di Turki yang usianya sudah 8.600 tahun. Foto: slurrp.com

Menurut laporan, roti itu dibuat dengan teknik memasak yang digunakan manusia pada tahun 6600 SM. Para ilmuwan menemukan roti bulat dengan residu spons, bersamaan dengan barley, kacang polong, dan biji gandum utuh.

Tampaknya adonan roti ini telah difermentasi sema...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang