2 bulan yg lalu

Berburu Takjil? Ini Daftar Kampung Ramadan di Berbagai Wilayah Indonesia

Usai Dandangan, sebuah tradisi menyambut bulan Ramadan di Kudus yang menghadirkan 680 penjual UMKM, kini Pasar Ramadan hadir di berbagai kota. Pasar Ramadan turut meramaikan bulan suci Ramadan dengan menghadirkan berbagai makanan serta produk UMKM yang dapat dijadikan sebagai menu buka puasa.

Lantas, di mana saja Pasar Ramadan hadir?

Kampung Ramadhan Jogokariyan Yogyakarta, Hadir Sejak 20 Tahun Lalu

Kampung Ramadhan Jogokariyan (KRJ) menjadi destinasi yang ditunggu masyarakat. Sesuai namanya, Kampung Ramadhan terletak di Kampung Jogokariyan, Kelurahan Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Kampung Ramadhan Jogokariyan, ratusan pedagang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan Jogokariyan, tepatnya sekitar Masjid Jogokariyan. Ada sekitar 350 pedagang yang sebagian besar merupakan pedagang lokal kampung Jogokariyan untuk menjajakan makanan hingga menawarkan produk UMKM.

“Alhamdulillah untuk pasar sore kampung Ramadhan ini diikuti 324 pedagang, terdiri dari 192 pedagang asli Jogokariyan dan 132 pedagang dari luar Jogokariyan," ujar Rizqi Rahim selaku Ketua Takmir Masjid Jogokariyan, di Masjid Jogokariyan, Senin (11/3/2024).

Kampung Ramadhan di Jogokariyan Yogyakarta © Disway Jogja


Tidak hanya itu, kampung ini juga kerap membagikan takjil gratis bagi masyarakat sekitar. Setidaknya, ada 3.500 porsi makanan berbuka yang dibagikan secara gratis setiap harinya dengan menu yang berbeda-beda. Makanan tersebut dimasak oleh ibu-ibu dari dasawisma kampung Jogokariyan.

Tahun ini, Kampung Ramadhan Jogokariyan merupakan gelaran yang ke-20. Kampung Ramadhan Jogokariyan ini digelar selama bulan Ramadhan. Tidak hanya sebagai tempat berburu takjil, banyak pula masyarakat yang memilih untuk berbuka puasa di kampung tersebut.

"Sepertinya yang datang ke sini bisa sampai 8 ribu ora...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang