5 bulan yg lalu

Kurang Suka Kosta Rika

Mendengar nama Kosta Rika sepertinya negara itu sangat indah. Dalam Bahasa Spanyol, Costa Rica artinya “pesisir yang kaya”. Rica juga berarti “enak” dalam konteks makanan. Tayangan TV dan film Hollywood menggambarkan negara yang alamnya indah. Film Jurassic Park aja syutingnya di sana. Teman-teman bule yang sudah pernah ke sana mengatakan bagus dan murah! Apalagi slogan Kosta Rika adalah pura fida, yang artinya pure life (hidup yang murni). Wow banget kan? Maka tidak salah saya punya ekspektasi tinggi ketika berkunjung ke sana!

Pada Januari 2023, saya dan Yasmin masuk Kosta Rika dengan naik bus umum. Alamnya memang serba hijau sih, tapi mirip kayak di Jawa minus warung pinggir jalan. Mendekati kota Quepos, tau-tau kami diturunkan di pinggir jalan raya, padahal katanya akan diturunkan di terminal bus! Supir bus mengeluarkan koper, lalu menyuruh kami naik taksi yang sudah parkir di situ. Supir taksi (yang sudah bekerja sama dengan supir bus) menawarkan untuk mengantar dengan harga 25 USD. Hah? Saya langsung liat Google Maps; pusat kotanya hanya berjarak sekitar 6 km. Sial, getok harga dia! Di aplikasi Uber, harga hanya setengahnya, saya pun pesan. Tunggu punya tunggu, Uber malah santai muter jauh dan akhirnya dia batalkan.

Siang bolong panas gini jalanan sepi! Mau naik apa ini? Kata orang-orang yang lewat, ya harus tunggu taksi. Perlu diketahui, taksi di sini bisa mobil apa aja tanpa merek dan harus tawar-menawar. Akhirnya ada seorang bapak dengan mobil sedan butut berhenti. Setelah harga disepakati, kami diantar ke Airbnb. Pas bayar, si bapak minta tambah bayar dengan alasan, “Jalannya masuk gang!” Lha, apa-apaan ini? Kesan pertama di Kosta Rika langsung drop!

Baru juga pantat mendarat di kursi, host Airbnb langsung menagih uang sewa (di situsnya tidak bisa bayar kartu kredit secara online). Karena belum punya uang tunai dalam mata uang CRC, kami pasrah aja ketika dia menggetok kurs USD. Keluar cari makan, saya syok dengan harga-harganya! Sekali makan di restoran biasa per orang habis minimal 12,5 USD. Harga bahan makanan pun mahal, bahkan lebih mahal dari Panama yang GD...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang