3 minggu yg lalu

Paras Boleh Cantik tapi Kekuatan Fisik Pramugari Lion Group Bisa Diadu

Jakarta -

Siapa yang tak senang ketika naik ke pesawat disambut oleh sosok pramugari yang cantik dan ramah. Tapi siapa yang sangka di balik parasnya yang cantik, pramugari seperti di Lion Group juga punya fisik yang kuat.

Hal ini diungkapkan oleh Head of Training and Development Lion Group Training Center Capt Taufik Hidayat yang menuturkan pramugari atau cabin crew Lion Group punya pelatihan pertolongan di air atau yang biasa disebut wet drill.

"Ada latihan pertolongan di air, namanya wet drill jadi simulasi pesawat dalam keadaan emergency terus harus landing di air. Itu kan pesawat masing-masing punya slide di pintu pesawat atau jendela darurat, nah itu cara masuknya berbeda-beda," kata Capt Taufik kepada detikcom beberapa waktu yang lalu.

Menurut Capt Taufik, materi yang diberikan pada latihan tersebut bisa dikatakan cukup berat. Sebab, pramugari diharuskan untuk menyelamatkan diri sendiri serta berkoordinasi dengan kru kabin yang lain dan membantu penumpang untuk melakukan evakuasi dalam keadaan basah dan dengan menggunakan seragam lengkap.

Selain itu, pramugari juga diharuskan untuk dapat membuka pintu kabin pesawat seberat 100 Kg and pintu darurat pesawat yang beratnya kurang lebih 15 Kg dalam keadaan basah. Maka dari itu, wajar saja bila pramugari juga diharuskan memiliki fisik yang kuat untuk mengantisipasi keadaan emergency.

"Nah itu ada materinya buat pilot sama pramugari, nah itu berat banget, angkatin orang sampai ke atas itu berat banget. Buka pintu kalau sudah terendam air itu juga berat banget. Dan itu mereka harus bisa. Beratnya itu real thing. Dalam keadaan basah dan pakai seragam, jadi pakai sepatu lengkap benar-benar real situasi," imbuhnya.

Selain latihan fisik, pramugari juga dilatih untuk melakukan servis kepada penumpang di pesawat hingga latihan mengenai...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang