3 minggu yg lalu

Krisis 1998 Bisa Terulang Imbas Konflik Iran-Israel? Tanda-tandanya Rupiah Dekati Rp18.000

JAKARTA - Krisis ekonomi 1997-1998 bisa terulang imbas konflik Iran-Israel? Saat ini, memanasnya kondisi geopolitik di Timur Tengah imbas konflik Israel dan Iran beberapa pekan terakhir ini berpotensi membuat makro ekonomi Indonesia terdampak. Kondisi ini rentan terhadap perdagangan luar negeri dan moneter Indonesia.

Ekonom senior Didik J Rachbini mengatakan, memanasnya geopolitik di Timur Tengah tidak bisa dipandang sebelah mata. Dia mengibaratkan, dampak perang Israel-Iran akan seperti air yang menerobos Dubai, membuat aktivitas Uni Emirat Arab (UEA) serentak lumpuh total.

Kondisi Dubai pasca banjir bisa saja dialami Indonesia, bahkan lebih parah lagi yaitu mengulangi kembali krisis moneter pada tahun 1998, bila dampak peperangan kedua negara itu tidak dapat diantisipasi oleh pemerintah saat ini.

Terutama, inisiatif pemerintah menjaga kebijakan perdagangan luar negeri dan moneter. Kedua aspek ini begitu rentan terdampak konflik global.

“Dampak perang ini jangan anggap enteng pemerintah ya, enggak boleh fokus kepada politik, urusan Gibran dan MK saja, dan enggak boleh main-main, perang ini akan seperti air menerobos Dubai ya, itu akan ...

Baca Seluruh Artikel

© disinilo.com 2024. Semua hak dilindungi undang-undang